Mengenal mesias dari sudut pandang Yahudi ,sebagai bahan diskusi untuk muslim agar faham kebenaran sesungguhnya ,dari penyelewengan kepercayaan kristiani,yang meng gembar gemborkan Yesus sebagai mesias mereka

  Walaupun Umat kristiani ,mencomot PL umat Yahudi ,namun bagi Yahudi Yesus bukanlah mesias yang selama ini mereka tunggu, bahkan Yesus sama sekali tidak masuk dalam kategori Mesisas yang terdapat dalam kitab Perjanjian lama mereka ,DISINI kami ulas Mesias menurut Yahudi,Kristen dan Islam

Mesias sebenarnya dari prespektif Yahudi berawal dari Tunas Isai ,dan kita bisa temukan Istilah Tunas Isai ini tertulis dalam :

Yesaya 11 : 1.Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.   

Catatan:

Nama Isai sendiri adalah nama anak Daud.

  Untuk memahami apa pembahasan kita kali ini , yang kita perlukan adalah membaca Konteks dari seluruh pasal yang sama dengan ayat di atas , karena di ayat 10 kita bisa temukan kembali kalimat PANGKAL .. perhatikan Ayat berikut :

Maka pada waktu itu [ taruk dari pangkal Isai ] akan berdiri sebagai [ panji - panji bagi bangsa-bangsa] [ Yesaya 11 : 10 ]

baca juga Yahudi Akui Nubuatan Nabi Muhammad pada Tanakh mereka

  Dari ayat di atas kita bisa mengetahui ada beberapa sebutan , yaitu : tunas, taruk, tunggul dan pangkal

Kalimat-kalimat tersebut adalah untaian  kosa kata yang menunjuk pada bagian sebuah pohon. sehingga sangat jelas sekali bahwa Yesaya sedang memaparkan Tree Gen upeology atau untaian pohon silsilah dari seorang Mesias. 

  Sekarang kita cari tahu kalimat tersebut dalam  bahasa Ibraninya yaitu :

1. choter (language Ibrani) - shoot (language Inggris) - tunas (terjemahan LAI)

2. geza (language Ibrani) - stem (language Inggris) - tunggul (terjemahan LAI)

3. netzar (language Ibrani) - sprout (language Inggris) - taruk (terjemahan LAI)

4. shoresh (language Ibrani) - root (language Inggris) - pangkal (terjemahan LAI) atau "akar"

  Kesimpulan dari Yesaya 11, kita bisa ketahui bagaimana Mesias akan keluar menjadi "choter" dan keluar dari "geza", atau bisa juga  sebagai "netzar" yang kemudian keluar dari "shoresh".Jadi darimanapun dia keluar pastinya dia tidak akan keluar dari bagian pohon sebelah, dan itu akan tetap keluar dari pohon ( shoresh) akarnya Isai 

Apa maknanya dari kesimpulan tersebut ?

  Sebelum kita lanjutkan, saya mengingatkan  anda semuanya, bahwa yang sedang kita bahas ini diambil dari kitabnya orang Ibrani yang notabene lahir dalam budaya dan pemahaman ibrani dan juga tumbuh dengan bahasa ibrani juga

Ajaran Yesaya pada keturunan nya Israel yang akan datang (masa sekarang) Tentang Mesias adalah sebagai berikut : 

  Jika keseluruhan dari 12 suku israel di ibaratkan sebagai pohon , Maka akar pohon tersebut di dapat darimana pohon itu keluar yaitu Yaqub , kemudian dari Ke - 12 suku Israel tersebut diibaratkan menjadi 12 cabang atau kata lain  geza. Dan seluruh Anak  dari 12 bersaudara itu,jadi netzar atau choter dll, Tentunya Semakin muda generasinya, semakin tinggi pula posisinya dalam gambaran pohon silsilah tersebut

  Jadi Yesaya memakai akar tersebut untuk melambangkan Isai. bahwa Mesias akan keluar dari Isai, bukan dari Ishmael.yang intinya bahwa  yang di sebut Mesias tersebut punya hubungan langsung dengan Isai, dimana posisinya  adalah cabang asli yang berasal dari pohon Isai. Bukan hasil adopsi, atau juga ditempelkan.

baca juga Sislilah Yesus yang di hilangkan dalam Alkitab

   Pengertian Mesias secara harafiah adalah : darah daging Isai sendiri, yang berasal dari satu pohon yang sama Bukan tempelan ( okulasi atau cangkokan )  

Catatan:

Dalam AlQuran  tidak menyebut Nabi Muhammad di katakan  AlMasih , tapi di sebutkan Khatamul Anbiya. ( penutup para Nabi)

  Penggunaan  kata "choter" di dalam mendefinisikan dari silsilah Mesias bukan tidak disengaja. "Choter" atau "tunas" tentu jadi lambang dari tongkat sebuah kerajaan. rinciannya sbb ;

  Tongkat kerajaan itu tentu akan turun dari akar Isai berlanjut kepada salah satu cabang dari pohon itu. akan tetapi turun nya tongkat kerajaan itu, tidak akan pernah melalui garis dari perempuan. Setelah Daud jadi raja, kemudian Salomo mewarisi tongkat kerajaan. dan Tongkat itu turun temurun dari Daud, Salomo, Rehoboam, Abiyah, Asa, Yehosafat, Yehoram, Ahaziah, Yehoas, Amaziah, Uzziah, Yotam dst.

  Tidak pernah ada sejarahnya tongkat kerajaan itu turun kepada anak perempuan untuk kemudian dilanjutkan kepada anak laki - laki. Mesias Yahudi harus keturunan asli biologis dari Isai dan raja Daud dari pihak ayah. Tidak akan mungkin keluar dari pihak ibu.

  Ini yang kemudian menjadi kesulitan yang tidak bisa dapat dijawab oleh penganut kekristenan,argumentasi mereka hanya mengatakan  bahwa Yesus menjadi salah satu bagian pohon Isai itu melalui garis perempuan Maria. tapi sayang nya tongkat kerajaan itu berhenti pada ayah Maria dan lalu kemudian hanya dapat diwarisi oleh saudara laki - laki dar Maria ibu Yesus.

 Maria ibunda Yesus, sebagai generasi perempuan tentu tidak dapat memegang tongkat kerajaan Daud untuk kemudian bisa diteruskan kepada anaknya Yaitu Yesus ,itulah sebab nya Yesus tidak memenuhi kriteria Mesias nya Yahudi

  Di dalam Tanakh mengajarkan bahwa setiap geza, netzar atau choter, kesemuanya memiliki potensi untuk melahirkan salah seorang Mesias. Entah mesias tersebut tumbuh di cabang yang mana, ranting mana,semua tidak ada yang tahu. Entah terdapat di generasi siapa, pada tahun berapa, seorangpun tidak ada yang tahu. Namun pastinya dari setiap generasi  geza, netzar atau choter ,semuanya memiliki potensi untuk melahirkan seorang Mesias, yang kemudian padanya tongkat kerajaan itu di teruskan, bukan untuk melewatinya.

baca juga Sejarah paran Tempat keturunan Ismail

Berikut ini gambaran dan Tanda-tanda Mesias menurut Yahudi :

1- Saat Seorang Mesias akhirnya muncul, Mesias tidak muncul dalam rupa bayi ataupun baru dilahirkan ,karena ada kemungkinan bahwa Mesias tersebut sudah lahir dalam generasi kita ini.

2-Apabila generasi ini tidak siap menerima Mesiasnya, tongkat itu akan diteruskan kepada anak yang tadinya berpotensi sebagai Mesias, diteruskan di dalam pohon silsilah Isai, diteruskan dari laki - laki kepada laki - laki.

3-Mesias akan lahir melalui proses alami seperti pohon yang menumbuhkan cabangnya secara alami. Dia tidak akan secara misterius muncul tanpa ayah, tanpa ibu, tanpa asal usul, tiba - tiba berada di langit, tidak melalui proses kelahiran dan pertumbuhan*.

4-Ketika Mesias muncul, seluruh bumi akan mengeluarkan tanda - tanda bahwa Mesias sudah datang. Seperti musim semi yang sudah datang, akan ditandai dengan bumi mengeluarkan tunas - tunas baru, pohon - pohon mulai mengeluarkan daun - daun hijau, bunga - bunga mulai keluar.

  jadi Tanda - tanda seperti itu akan muncul juga ketika tongkat kerajaan berhenti di satu orang dalam satu generasi, menyebabkan Mesias melejit seperti bintang.

Insyaallah pada Materi berikutnya   kita akan membahas apa tanda-tanda tersebut.

wasalam

simak juga  kajian Kristologi dan Kontradiksi Bible